Kamis, 19 Januari 2017

KOMENTAR YELLEN DORONG KENAIKAN DOLAR AS

SAVEPada perdagangan hari ini, pergerakan kurs dolar AS berada di sekitar posisi Rp13.377, angka ini terlihat menguat jika dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13. Gerak dolar AS rebound setelah adanya komentar dari Gubernur The Fed, Janet Yellen bahwa suku bunga acua di AS dapat naik dengan cepat.

Berdasarkan dari Reuters, Kamis (19/1/2017), Janet Yellen mengatakan, penundaan kenaikan suku bunga acuan yang terlalu lama kemungkinan akan berisiko menimbulkan kejutan buruk dalam pergerakan. Sehingga kebijakan The Fed menaikan tingkat suku bunga acuannya secara bertahap masuk akal.

Pernyataan Yellen tersebut membuat Dolar Indeks DXY, yang mencatat pergerakan dolar AS terhadap enam mata uang utama dunia terlihat mengalami kenaikan sebesar 0,4% ke posisi 101,31.

Selain itu, pergerakan dolar AS juga mengalami penguatan terhadap yen Jepang di 114,66 yen, angka tersebut naik tinggi jika dibandingkan dengan posisi sebelumnya di Rp112,57 yen.

Sementara pada perdagangan hari ini, pergerakan euro stabil menjelang pertemuan Dewan Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) untuk menentukan suku bunga acuan. Pada bulan lalu ECB juga sempat membuat pasar terkejut, yang menagatakan akan memotong pembelian obligasi bulanan pada April mendatang.

Para pelaku pasar juga berharap pemerintahan AS yang baru dapat memulai kebijakan stimulus untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan iflasi di AS, dan menjaga The Fed agar tetap berada di jalurnya untuk menaikan suku bunga acuan. Banyak investor juga khawatir mengenai dampak potensial dari sikap proteksionis Trump.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar