Jumat, 11 Agustus 2017

SITUASI MEMANAS AS-KORUT HILANGKAN MOMENTUM RUPIAH

SAVEHari ini, nilai tukar rupiah bergerak di zona negatif, rupiah mengalami pelemahan terhadap dolar AS sebesar 35 poin ke posisi Rp13.368/US$.

Nilai tukar rupiah mengalami pelemahan terhadap dolar AS seiring dengan masih banyaknya permintaan atas uang safe haven seperti dolar AS.

Spekulasi cenderung masuk ke dalam mata uang dolar AS di tengah adanya ketegangan geopolitik antara AS dengan Korut, membuat nilai tukar rupiah kehilangan momentum untuk mengalami penguatan.

Meski demikian, peluang rupiah untuk kembali bergerak menguat masih terbuka cukup terbuka menyusul adanya rencana pemerintah yang akan mengeluarkan Paket Kebijakan XVI yang mengenai kemudahan investasi dan optimisme akan tercapainya pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2% di tahun ini.

Pergerakan dolar AS cenderung bergerak menguat terhadap mata uang Asia, namun adanya sentimen positif di pasar surat utang negara (SUN) domestik yang relatif masih terjaga membuat nilai tukar rupiah masih berada dalam tekanan yang lebih dalam.

Sementara, presiden Donald Trump yang semakin fokus terhadap masalah geopolitik, dapat mengurangi rencana stimulus fiskalnya sehingga menekan ekspektasi pengetatan moneter lanjutan oleh Bank Sentral AS ke depan. Kondisi tersebut dapat menekan dolar AS terhadap mata uang dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar