Selasa, 22 Agustus 2017

PERLU KERJA LEBIH KERAS UNTUK CAPAI EKONOMI RI DI 5,4%

SAVEPertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditergetkan oleh pemerintah berada di posisi 5,4% pada 2018 mendatang dinilai memerlukan adanya kerja keras, hal ini menginat sepanjag tahun ini bergerak stagnan. Target pertumbuhan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2018 cukup moderat, meski optimistis.

Namun, sejak penurunan harga komoditas, pertumbuhan ekonomi Indonesia terus mengalami perlambatan hingga tumbuh di bawah angka 5% pada tahun 2015 lalu. Sedangkan di tahun berikutnya ekonomi Indonesia kembali meningkat dan mencetak pertumbuhan di sekitar 5%.

Kondisi ini di tengah pencarian titik keseimbangan baru dalam perekonomian global ataupun dinamika politik AS. Pada tahun 2016, pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali naik dengan mencatat pertumbuhan ekonomi di 5%.

Sementara di tahun ini, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi di sekitar 5,2%. Namun target tersebut diragukan akan tercapai jika melihat realisasi pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama dan kuartal kedua tahun 2017 yang bergerak stagnan di posisi 5,01%.

Dengan mempertimbangkan kinerja di tahun ini, pemerintah tentunya harus bekerja lebih keras jika target pertumbuhan ekonomi 2018 yang berada di 5,4% tercapai. Selain itu, dampak dari infrastrutur yang gencar dilakukan oleh pemerintah barudirasakan signifikan setelah 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar