Kamis, 10 Agustus 2017

RUPIAH POSITIF DITENGAH MINIMNYA PELUANG KENAIKAN BUNGA FED

SAVEPergerakan nilai tukar rupiah hari ini diperdagangkan naik tipis 5 poin ke posisi Rp13.327 dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.332/US$.

Kurs dolar AS mengalami tekanan terhadap beberapa mata uang utama dunia, termasuk rupiah di tengah minimnya peluang bagi The Fed untuk menaikan tingkat suku bunga acuannya.

Selain itu, Presiden Donald Trump yang semakin fokus pada urusan geopoitik di Semenanjung Korut membuat pesimistis terhadap stimulus fiskalnya. Kondisi tersebut justru memperkecil peluang kenaikan suku bunga The Fed yang berdampak pada pergerakan dolar AS.

Dari dalam negeri, sentimennya juga masih terbilang positif menyusul aktivitas di pasar Sutar Utang Negara (SUN) yang meningkat sehingga meminta kenaikan nilai tukar rupiah berlanjut.

Harapan akan pelonggaran moneter di dalam negeri juga meningkat mengikuti tingkat inflasi Agustrus 2017 yang diperkirakan menurun serta pertumbuhan penjualan ritel Juli 2017 yang yang mengalami perbaikan menjadi faktor pendukung tambahan.

Bank Indonesia (BI) mencatat indeks penjualan riil (IPR) hasil Survei Penjualan Eceran Juni 2017 yang naik sebesar 6,3% (yoy), angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya di 4,3% (yoy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar