Rabu, 09 Agustus 2017

RUPIAH STABIL DI TENGAH POSITIFNYA DATA EKONOMI NASIONAL

SAVEHari ini, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS turun pisi 1 poin ke posisi Rp13.314/US$ dari posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.313/US$.Setelah rilis angka pertumbuhan ekonomi Indonesia serta beberapa data ekonomi nasional yang cukup positif membuat pergerakan rupiah stabil, kondisi ini menunjukan bahwa optimisme di pasar masih terjaga.

Badan Pusat Statistik juga mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk triwulan II 2017 tumbuh sebesar 5,01% (yoy). Sedangkan untuk Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juli 2017 mengalami kenaikan sebesar 1,0 poin dari bulan sebelumnya menjadi 123,4.

Indeks Keyakinan Konsumen ini merupakan elemen produk domestik bruto (PDB), data tersebut secara perlahan mulai membaik.

Selain itu, pejabat The Fed juga menyatakan bahwa tidak perlu untuk kembali menaikan tingkat suku bunga acuan dalam jangka waktu dekat lantaran dapat menahan pergerakan dolar AS.

Sementara pasar yang melihat belum adanya kepastian dari The Fed untuk menaikan suku bunga acuannya memberikan imbas pada rupiah yang stabil.

Nilai cadangan devisa yang mengalami kenaikan pada Juli 2017 sebesar 127,76 miliar, dibandingkan dengan posisi akhir Juni 2017 yang berada di 123,09 miliar, juga ikut menjaga fluktuasi mata uang rupiah terhadap dolar AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar