Jumat, 25 Agustus 2017

PREDIKSI PDB 2019 MENDATANG DORONG KENAIKAN RUPIAH

SAVEHari ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperdagangkan menguat sebesar 15 poin menjadi Rp13.331/US$, dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.346/US$.

Beberapa sentimen positif dari dalam negeri memberikan pengaruh pada pergerakan rupiah terhadap dolar AS.

Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) di tahun 2019 mendatang yang berpotensi akan tumbuh di sekitar 5,3% hingga 5,7%, memberikan harapan positif bagi pelaku pasar untuk menempatkan dana investasinya di dalam negeri.

Selain itu, komentar Presiden Donald Trump yang memberikan ancaman bahwa akan menghentikan operasional pemerintahan jika rencana pembangunan tembok pembatasan AS-Meksiko tidak disetujui, menjadi faktor negatif bagi mata uang dolar AS.

Saat ini kondisi ekonomi AS terlihat masih belum kondusif, kondisi tersebut menahan pelaku pasar untuk mengakumulasikan aset berdenominasi dolar AS, sehingga mata uang dunia cenderung bergerak menguat, termasuk tupiah.

Sementara kebijakan ekonomi presiden AS yang masih belum memiliki kepastian membuat aset-aset berdenominasi dolar AS menjadi kurang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar